Harian Umum Tabengan

18 Regu Cerdas Cermat 4 Pilar Bersaing

PALANGKA RAYA – Sebanyak 18 regu Cermat Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara jenjang SMA Tingkat Provinsi Kalteng mulai Kamis (3/4) ini bersaing ketat di babak penyisihan agar bisa lolos ke semifinal dan final yang akan digelar, Jumat (4/4) mendatang.

“Ada 10 daerah yang masing-masing mengirim 1 regu, sedangkan 4 daerah lain mengirimkan 2 regu, sehingga jumlah pesertanya menjadi 18 regu. Masing-masing regu didampingi 2 guru,” kata Kepala Bidang Pengembangan Standar Nasioanal Pendidikan (PNSP) Dinas Pendidikan Kalteng Ahmad Qomari, Selasa (1/4) malam.

Empat daerah di Kalteng yang mengirimkan 2 regu adalah Kota Palangka Raya, Kapuas, Sampit, dan Pangkalan Bun. Masing-masing regu berjumlah 10 siswa kelas X dan XI. Cerdas Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dilaksanakan bekerja sama dengan Majelis Permuswaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Menurut Qomari, latar belakang digelarnya cerdas cermat ini karena disadari bahwa masyarakat Indonesia sangat majemuk, terdiri berbagai suku, bahasa, agama dan kepercayaan, sehingga Pancasila, UUD 1945, wawasan NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika harus dijadikan sebagai landasan kehidupan dalam membangun sinergi dan kesatuan bangsa.

Lomba tersebut juga merupakan salah satu sarana untuk memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi, terutama melalui pemahaman aturan dasar bernegara.

Peserta lomba juga bisa menjadikan kegiatan ini sebagai ajang belajar berpolitik, yakni tentang pembuatan dan pengesahan undang-undang atau peraturan oleh MPR. Apalagi pelajaran politik secara perlahan juga harus diberikan kepada siswa agar lebih paham dengan sistem politik di Indonesia.

Cerdas cermat ini juga sangat bermanfaat bagi siswa untuk bekal hidup di masa mendatang, misalnya mengenai latihan berbicara di depan umum karena dalam kegiatan ini peserta harus menjawab beberapa pertanyaan disertai penjelasan yang logis.

Para pemenang mulai juara I hingga juara III akan mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan Kalteng. Sedangkan bagi juara pertama akan mewakili Kalteng berlomba di tingkat nasional pada Agustus mendatang.

“Cerdas Cermat 4 Pilar ini merupakan agenda tetap MPR RI, sehingga kelompok yang menjadi juara pertama di tingkat provinsi akan mewakili Kalteng untuk berlomba di tingkat nasional,” tutupnya.

Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar yang dijadwalkan 1-5 April 2014 telah dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Damber Liwan melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Luar Biasa Disdik Kalteng Benon dengan disaksikan perwakilan dari DPR RI.

Waktu kegiatan akan terbagi 2, untuk briefing teknis dan bimbingan materi akan dilakukan pada 1-2 April yang bertempat di Aula Hotel Hawai Palangka Raya. Sedangkan lomba akan dilaksanakan di GPU Palampang Tarung Palangka Raya mulai 3-5 April 2014.nta

Copyright © 2012 Harian Umum Tabengan